Awas! Ini Efek Samping Kebanyakan Konsumsi Chia Seed, Wajib Tahu!

Daftar Isi [Tampilkan]
Awas! Ini Efek Samping Kebanyakan Konsumsi Chia Seed, Wajib Tahu!

aksaralangit.com - Dibalik banyak manfaat yang dimiliki chia seed ternyata bila dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak buruk loh. Efek samping bila kebanyakan mengkonsumsi chia seed bisa berbahaya bagi kesehatan.

Chia seed atau biji chia merupakan tanaman yang sangat banyak mengandung nutrisi dan manfaat kesehatan bagi tubuh. Biji chia juga sering digunakan dalam berbagai resep masakan maupun minuman lainnya, seperti kolak, pancake, maupun kolding.

Chia seed mempunyai kemampuan khusus dan juga unik yang mampu menyerap cairan dan mengembang menjadi gel dengan berat 12 kali lebih besar dari ukuran aslinya. Oleh karena kemampuannya yang unik, chia seed sering digunakan sebagai bahan pengental makanan dan minuman.

Namun meski kandungannya baik dan banyak manfaat, chia seed juga memiliki beberapa efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan loh guys. Berikut beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi chia seed yang dikutip dari beberapa sumber.

1. Masalah Pencernaan

Serat yang terkandung dalam chia seed memang sangat penting untuk kesehatan karena dapat melancarkan pencernaan, juga mendukung bakteri baik di dalam usus. Namun jika terlalu banyak serat, justru dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang, di antaranya menyebabkan sakit perut, sembelit, diare, kembung dan gas.

Selain itu, bagi yang menderita penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa atau penyakit Crohn mungkin perlu untuk memantau asupan serat mereka dan membatasi chia seed karena dapat menyebabkan peradangan dan penyempitan saluran pencernaan, dan menimbulkan gejala seperti sakit perut, pendarahan, diare dan penurunan berat badan.

2. Alergi

Untuk sebagian orang bisa saja memiliki kondisi yang mungkin tidak cocok atau reaksi alergi terhadap chia seed. Gejala alergi makanan mungkin biasanya dialami dengan muntah, diare dan gatal-gatal pada bibir atau lidah.

Dalam kasus yang parah, alergi makanan bahkan dapat menyebabkan anafilaksis, yaitu kondisi mengancam jiwa yang menyebabkan kesulitan bernapas dan sesak di tenggorokan dan dada.

Memang jarang ditemukan kasus alergi terhadap chia seed. Namun kasus pernah terjadi pada seorang pria berusia 54 tahun yaang mulai mengkonsumsi chia seed untuk membantu menurunkan kolesterolnya. Namun, beberapa hari kemudian, ia mulai mengalami pusing, sesak napas, dan gatal-gatal. dan teryata ia mengalami alergi konsumsi chia seed.

3. Memicu Interaksi Pada Obat Tertentu

Meski chia seed bisa membantu mengatur kadar gula darah, namun bila anda mengkonsumsinya secara berlebihan dapat memicu interaksi dengan obat tertentu.

Misalnya, dalam kebanyakan kasus bisa dilihat bahwa memakan chia seed dalam jumlah sedang bisa membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darahnya stabil. Namun bila berlebihan mengonsumsinya bisa menyebabkan kadar gula darah menurun secara drastis.

Selain menurunkan kadar gula darah, chia seed yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi terbukti bisa mengencerkan darah dan bisa menurunkan tekanan darah loho. Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi mengonsumsinya untuk menurunkan tekanan darah, namun chia seed juga bisa meningkatkan aktivitas obat tekanan darah, yang bisa menyebabkan hipotensi atau tekanan darah rendah bagi yang mengkonsumsinya.

Itulah tadi beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi chia seed terlalu banyak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan anda dapat membagikan informasi ini agar yang lainnya juga mengetahui informasi ini. Salam aksaralangitdotcom

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DMCA.com Protection Status