6 Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan Selain Ampuh Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Daftar Isi [Tampilkan]
6 Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan Selain Ampuh Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


aksaralangit.com - Belimbing adalah buah yang berasal dari negara yang memiliki iklim tropis. Buah belimbing memiliki warna hijau dan akan berubah menjadi kekuningan bila sudah matang, dan memiliki rasa manis yang unik menyegarkan serta bentuk yang bila dipotong horizontal akan menghasilkan bentuk seperti bintang, karena itulah mungkin buah ini juga disebut "star fruit". Rasanya yang menyegarkan sangat nikmat bila dikonsumsi dalam bentuk jus, dijamin lidah anda akan bergoyang bila merasakannya. Akan tetapi buah ini juga dapat dikonsumsi langsung. Eittss, tapi harus di cuci dulu ya sampai bersih.

Manfaat belimbing bagi kesehatan sudah diketahui sejak lama, dan manfaat buah belimbing yang paling umum adalah untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Karena dalam buah belimbing terkandung sejumlah mineral serta berbagai jenis elektrolit seperti, fosfor, kalium, zat besi, dan seng. Kalium merupakan senyawa yang sangat penting dalam sel serta cairan tubuh anda, dimana kalium berfungsi membantu mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung anda.

Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang eksotis serta kaya manfaat. Bayangkan saja, dalam 100 gram buah belimbing terdapat 31 kalori. Jumlah tersebut jauh lebih rendah daripada jenis buah-buahan tropis lainnya. Nah setelah mengetahui manfaat buah belimbing bagi kesehatan yang salah satunya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, berikut aksaralangit akan membahas tentang 6 manfaat buah belimbing lainnya. Berikut manfaat lain buah belimbing bagi kesehatan.

1. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat belimbing yang pertama adalah dapat membantu mengurangi kadar kolestrol jahat pada tubuh anda. Dalam belimbing terdapat kandungan zat pektin yang dapat membantu mengurangi kadar kolestrol dalam darah. Zat pektin bekerja dengan mengikat kolestrol jahat dan mengeluarkannya bersama asam empedu pada proses sekresi. Hal tersebut menjadi kabar gembira bagi para penderita penyakit diabetes.

2. Menyehatkan Pencernaan

Buah belimbing merupakan buah buahan yang kaya serat. Buah serta kulit buah belimbing memberi sejumlah serat yang baik bagi pencernaan anda. Serat buah belimbing dapat membantu mencegah penyerapan kolestrol jahat (LDL) makanan dalam usus. Selain itu serat juga berperan penting dalam melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun yang berbahaya bagi kesehatan caranya dengan mengikat bahan-bahan kimia yang masuk melalui makanan didalam usus besar. Umumnya zat kimia inilah yang membuat resiko terkena kanker lebih tinggi. Kanduhngan serat dalam buah belimbing mampu membantu menyehatkan pencernaan anda lebih sehat serta menghindarkan anda dari resiko terserang kanker usus besar.

3. Kaya Antioksidan

Belimbing sangat kaya akan antioksidan. Antioksidan tersebut berupa flavonoid polifenol. Beberapa jenis zat flavonoid yang penting contohnya quercetin, epicatechin, dan asam galat. Nah yang perlu anda ketahui adalah total polifenol dalam buah belimbing dapat mencapai 43 mg/100 g. Senyawa inilah yang bisa membantu melindungi anda dari serangan radikal bebas.

4. Mengatasi Gangguan Ginjal

Seseorang yang mengidap gangguan ginjal dapat mencoba untuk mengamalkan konsumsi buah belimbing. Seseorang yang terkena gangguan ginjal akan mengalami gangguan ginjal oleh sebab itu belimbing dikonsumsi karena memiliki kandungan asam oksalam dalam konsentrasi yang tinggi. Ilmuwan menganggap bahwa asam oksalat ini sebagai senyawa anti nutrisi.

5. Mencegah Kanker

Manfaat belimbing yang tak kalah hebat adalah dapat mencegah kanker. Buah belimbing memiliki Vitamin C yang berfungsi untuk mencegah tubuh dari serangan gejala kanker. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan alami yang sangat kuat. Dalam 100gr buah belimbing bisa memberikan 34,7 mg atau sekitar 57% asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. 

6. Membantu Meningkatkan Kerja Enzim

Manfaat yang terakhir dari buah belimbing adalah dapat membantu meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh. Buah belimbing atau starfruit merupakan sumber vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks berupa asam folat, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6). 

Mengkonsumsi buah belimbing sangat baik bagi kesehatan karena selain dapat membantu menurunkan tensi buah ini juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting bagi tubuh. Akan tetapi dalam mengkonsumsi buah belimbing harus dalam jumlah yang tepat. Karena apabila mengkonsumsinya dalam jumlah yang berleboh juga tidak baik bagi kesehatan salah satu contohnya dapat membuat tekakan darah anda menjadi drop. Oleh karena itu konsumsilah buah ini dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Demikianlah manfaat belimbing bagi kesehatan selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca dan dapat membuat hidup anda menjadi lebih sehat. Terima kasih... salam aksara langit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DMCA.com Protection Status