Sakit Kepala Kambuh Akibat Hipertensi? Atasi Dengan 3 Cara Ini

Daftar Isi [Tampilkan]
sakit kepala akibat hipertensi


aksaralangit.com - Sakit kepala kambuh akibat hipertensi. Cara mengobati sakit kepala akibat tensi naik cukup mudah. Hipertensi dapat menyebabkan sakit kepala. Apabila hipertensi kambuh maka secara otomatis sakit kepala akan datang. Kurang tidur pun juga dapat menyebabkan sakit kepala tetapi hipertensi lah yang sangat signifikan dalam menyebabkan sakit kepala. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar sakit kepala pulih. Mulai dari mengkonsumsi obat maupun melakukan terapi - terapi tertentu.

Cara mengobati sakit kepala akibat tensi naik akan dibahas pada tulisan ini. Sakit kepala terjadi apabila tekanan darah dalam tubuh sangat tinggi, tekanan tersebut terjadi pada kepala dan akan meningkat hingga tingkatan kritis. Tekanan tersebutlah yang kemudian memicu terjadinya sakit pada area kepala yang notabene memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Sakit kepala atau pusing merupakan salah satu gejala dari tekanan darah tinggi. Sakit kepala akan datang kepada mereka yang memiliki penyakit darah tinggi (hipertensi). Sakit kepala akibat tekana  darah tinggi berbeda dengan penyakit migrain. Karena biasanya sakit kepala akibat darah tinggi menghinggapi kedua daerah kepala sekaligus. Nah agar anda terhindar dari sakit kepala akibat tekanan darah tinggi, yuk atasi dengan 3 cara ini

1. Hindari Makanan/Minuman Pemicu Naiknya Tekanan Darah

Jauhi makanan serta minuman pemicu naiknya tekanan darah. Garam merupakan makanan pemicu naiknya tekanan darah tinggi. Garam menjadi mom0k yang menakutkan karena hampir disemua jenis makanan pasti ditemui komposisi garam didalamnya. Untuk itu kurangilah konsumsi garam dalam masakan.

Kopi juga perlu untuk dikurangi. karena dalam kopi terdapat  kandugnan kafein yang berpotensi dapat meningkatkan tekana darah terutama bagi mereka yang jarang mengkonsumsi kafein. Dengan mengurangi konsumsi garam dapat menurunkan tekana darah sebesar 5-7 mmHg pada penderita tekanan darah tinggi.

2. Minum Obat Resep Dokter

Cara yang kedua adalah minum obat resep dari dokter. Menimum obat resep dokter adalah cara yang paling umum dilakukan kebanyakan orang. Cara ini paling direkomendasikan untuk mengatasi sakit kepala akibat tekanan darah tinggi. Obat sakit kepala biasa umumnya tidak dapat meredakan sakit kepala jenis ini contohnya jenis obat aspirin.

Obat yang diberikan dokter biasanya adalah obat penurun tekanan darah dan penghilang rasa nyeri. Jenis obat obatan ini biasanya berjenis niphediphine, nicardipin dan lain lain. Jika anda mengalami sakit kepala akibat hipertensi sebaiknya segeralah berobat kedokter karena bila hanya mengkonsumsi obat seadanya dikhawatirkan dapat memperparah sakit kepala anda.

3. Terapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat merupakan kebiasaan yang paling baik untuk terhindar dari segala macam penyakit termasuk penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jauhilah konsumsi alkohol dan hentikanlah kebiasan buruk merokok. Usahakan agar rutin berolah raga setiap harinya paling tidak 30 menit dalam sehari.

Karena aktifitas baik dapat mengurangi tekanan darah kira-kira 5-8 mmHg pada penderita hipertensi. Selain itu juga berolah raga dapat membuat mood anda menjadi lebih baik sehingga anda dapat terhindar dari bahaya stress karena stress menjadi pemicu penting naiknya tekanan darah anda. Tak lupa juga berat badan anda akan turun dan menjadi normal seiring dengan penerapan pola hidup sehat yang anda lakukan.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 3 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala akibat hipertensi. Semoga informasi ini berguna bagi anda pembaca setia aksaralangit.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DMCA.com Protection Status