Mampu Cegah Perkembangan Sel Kanker! Berikut 4 Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan

Daftar Isi [Tampilkan]
manfaat sambiloto untuk kesehatan

aksaralangit.com - Manfaat sambiloto atau sambiroto untuk asam urat tinggi memang sudah tidak diragukan. Sambiloto memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata adalah jenis tamanan berdaun yang bisa tumbuh sampai ukuran 1 meter lebih. Tanaman memiliki ciri khas yaitu memilik rasa yang sangat pahit. Di Inggris tanaman ini di juluki dengna sebutan "king of bitter". Tanaman ini banyak dibudidayakan karena merupakan salah satu obat tradisional untuk mengobati beberapa jenis penyakit diantaranya, sakit perut, diabetes, demam dan lainnya. 

Sambiloto dahulunya banyak digunakan oleh orang-orang dulu sebagai obat kesehatan. Nah kali ini aksaralangit akan membahas mengenai manfaat sambiloto bagi kesehatan yang mana salah satu nya dapat mencegah perkembangan sel kanker. Berikut manfaat sambiloto bagi kesehatan:

1. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Manfaat sambiloto yang pertama adalah dapat mencegah perkembangan sel kanker. Sambiloto dapat menghambat pertumbuhan sel yang aktif membelah ini. Dalam sambiloto / sambiroto terdapat kandungan antikanker yang berperan dalam mencegah tumbuh kembangnya sel kanker. Selain itu kandungan sambiloto juga bersifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang mungkin menghantam tubuh anda ketika berada diluar rumah. 

2. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat selanjutnya dapat mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung ini merupakan salah satu jenis penyakit kronis. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh penyumbatan dalam darah serta kolestrol yang tinggi sehingga mengganggu kinerja jantung dalam tubuh. Jantung berperan dalam memompa aliran darah keseluruh tubuh. Sambiloto dapat meperlancar peredaran darah karena dapat melemaskan otot-otot dinding pada pembuluh darah.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Penderita HIV

Banyak yang mengklaim bahwa sambiloto dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi para penderita HIV. Terdapat zat yang bersifat imunostimulan dalam sambiloto. Sambiloto berperan penting dalam memproduksi sel darah merah pada tubuh penderita HIV. Antioksidan yang terkandung dalam sambiloto berperan dalam penting dalam menjaga sistem imunitas tubuh serta menangkal virus, bakteri, infeksi lainnya pada tubuh. Disamping itu, antioksidan tersebut juga bisa menekan perkembangan HIV dan penyakit menural lainnya.

4. Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat keempat adalah dapat menjaga kadar kolestrol dalam tubuh. Sambiloto berperan dalam mengotrol kolestrol jahat yang ada dalam darah sehigga kondisi anda akan tetap sehat bila mengkonsumsi sambiloto secara teratur serta dengan dosis yang tepat.

5. Meningkatkan Fungsi Hati

Manfaat yang terakhir adalah dapat meningkatkan fungsi hati. Karena sifatnya yang mampu menjaga kadar kolestrol jahat dalam darah sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan plak dalam darah yang bisa menimbulkan penymbatan darah dalam tubuh.

Sambiloto berkhasiat meningkatkan fungsi hati serta mengatasi beberapa gangguan hati seperti penyakit kuning, pembesaran hati, dan juga kerusakan hati yang disebabkan oleh penggunaan obat tertentu. Sambiloto juga ampuh mengontrol kolesterol jahat dalam darah dan mencegah terjadinya plak yang dapat menimbulkan penyumbatan darah di tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DMCA.com Protection Status