Macam - Macam Teknik Hidroponik Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampilkan]
macam macam Teknik Hidroponik Untuk Pemula

aksarlangit.com - Hidup sehat adalah impian banyak orang. Salah satu cara mudah untuk hidup sehat adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan yang tentunya alami. Makanan dalam bentuk buah atau pun sayur banyak sekali yang dibudidayakan dengan berbagai teknik. Nah kali ini aksaralangit.com akan membahas mengenai macam-macam teknik hidroponik untuk pemula yang nantinya teknik hidroponik untuk pemula ini bisa anda pakai untuk menanam sayuran anda. Sehingga anda tetap dapat hidup sehat dengan  murah dan mudah. 

1. Sistem Aeroponik

Teknik hidroponik untuk pemula yang pertama adalah Sistem Aeroponik. Sistem aeroponik bekerja dengan menyemprotkan larutan nutrisi secara langsung yang di kabutkan pada akar dan membebaskan akar tanaman yang menjuntai dengan bebas.

2. Sistem Hidroponik Aktif (Water Culture System)

Teknik hidroponik untuk pemula yang kedua adalah Sistem Hidroponik Aktif (Water Culture System). Dalam sistem hidroponik ini, akar tanaman yang tersuspensi dalam air yang kaya nutrisi dan udara akan diberikan langsung ke akar. Tanaman biasanya dapat diletakkan pada rakit dan mengapung di air nutrisi. Dengan sistem hidroponik ini, akar tanaman hidroponik akan terendam di dalam air dan udara akan diberikan kepada akar tanaman melalui pompa akuarium dan diffuser udara yang tersedia.

3. Sistem Sumbu (Wick System)

Teknik hidroponik untuk pemula selanjutnya adalah Sistem Sumbu. Sistem Sumbu atau Wick Sistem merupakan teknik yang paling sederhana bagi pemula, pada sistem ini nutrisi mengalir ke dalam media pertumbuhan dalam wadah menggunakkan sejenis sumbu. Wick sistem bekerja dengan baik pada tanaman dan tumbuhan kecil, sistem ini tidak bekerja dengan baik untuk tanaman yang membutuhkan banyak air.

4. NFT (Nutrient Film Technique) System

Teknik hidroponik untuk pemula berikutnya adalah NFT (Nutrient Film Technique) System. Sistem ini memiliki konsep sederhana dengan menempatkan tanaman dalam sebuah wadah atau tabung dimana akarnya dibiarkan menggantung dalam larutan nutrisi. Umumnya Sistem ini dapat secara terus menerus mengalirkan semua nutrisi yang terlarut dalam air sehingga anda tidak memerlukan pewaktu/timer pada pompanya.

5. Sistem Tetes (Drip System)

Teknik hidroponik untuk pemula selanjutnya adalah sistem Tetes (Drip System) Sistem ini menggunakan pewaktu/timer untuk mengontrol pompa, sehingga pada saat pompa dihidupkan, pompa akan meneteskan nutrisi ke masing-masing tanaman anda.

6. Ebb dan Flow System

Teknik hidroponik untuk pemula yang terakhir adalah Sistem Ebb dan Flow System. Pada sistem ini Sebuah media tumbuh diletakkan didalam sebuah wadah yang kemudian diisi oleh larutan nutrisi. Nantinya nutrisi akan dikembalikan ke dalam penampungan, dan begitulah proses seterusnya. Sistem ini juga memerlukan pompa yang dikoneksikan ke timer. Pastikan Anda menggunakan wadah yang cukup besar dan atur jarak antar tanaman agar pertumbuhan tanaman tidak saling mengganggu.

Itulah tadi pembahasan mengenai Macam - Macam Teknik Hidroponik Untuk Pemula. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda pengunjung setia aksaralangit.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DMCA.com Protection Status