7 Manfaat Tomat Hidroponik Bagi Kesehatan

Daftar Isi [Tampilkan]
manfaat tomat hidroponik

aksaralangit.com - Bagi anda tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya tomat. Tomat merupakan salah satu jenis buah sayur yang selalu ada sebagai pelengkap sambal. Bagi anda penggemar masakan pedas pastinya paham akan hal ini. Pasalnya tomat merupakan komposisi penting dalam pembuatan sambal. Tomat ini dapat di konsumsi secara langsung layaknya seperti kita mengkonsumsi buah-buahan. 

Buah tomat ini sangat baik bagi kesehatan karena mengandung berbagai vitamin diantaranya Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K dan Vitamin B6, serta mengandung kalium, folat, thiamin, niacin, magnesium, fosfor, tembaga dan mineral lainnya. Dan yang paling utama dari tomat ini adalah kandungan antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas, yang disinyalir menjadi penyebab utama penyakit kanker. Pada pembahasan kali ini aksaralangit.com akan membahas seputar manfaat tomat hidroponi. Tomat hidroponik adalah tomat yang dibudidayakan secara hidroponik. Apa saja manfaat tomat hidroponik? berikut ulasannya.

1. Mencegah Kanker

Manfaat tomat hidroponik yang pertama adalah mencegah kanker.Kandungan antioksidan yang dimiliki tomat, dapat berguna dalam mencegah tumbuhnya penyakit kanker, seperti halnya kanker usus, kanker prostat, kanker tenggorokan, kanker lambung, kanker ovarium dan kanker payudara. Berdasarkan hasil penelitian para ahli, satu gelas jus buah tomat setiap hari dapat menangkal kanker payudara. Sehingga, perempuan yang memperbanyak asupan tomat memiliki hormon penangkal kanker lebih banyak. Hal ini karena dalam buah tomat terkandung senyawa lycopene yaitu zat yang dapat menangkal kanker. Zat lycopene ini berwarna merah. Penelitian lainnya juga mengatakan bahwa lycopene dapat melawan kanker payudara dengan menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Disamping itu, selain dapat mencegah kanker payudara, lycopene juga dipercaya mampu melindungi dari serangan kanker prostat.

2. Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

Buah tomat, juga dapat digunakan sebagai bahan untku melakukan perawatan rambut. Hal ini dapat bermanfaat dalam mencegah rambut rontok, rambut kering, rambut berminyak dan ketombe. Caranya adalah dengan mengkonsumsi langsung buah tomat atau juga dapat dengan diblender dan tambahkan 2 sendok madu.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Daya kemampuan penghilatan manusia akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini dapat anda atasi dengan mengkonsumsi buat tomat setiap hari. Kandungan vitamin A didalam tomat, akan membantu anda untuk meningkatkan kesehatan mata.

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Didalam buah tomat, memiliki kandungan zat kromium. Dimana zat inilah yang berkemampuan untuk mencegah penyakit kanker dengan cara menyeimbangkan kadar gula didalam darah. Sehingga kita akan terhindar dari bahaya penyakit diabetes. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi langsung buah tomat yang segar secara rutin.

5. Menghilangkan Jerawat

Bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat, tak ada salah nya untuk menggunakan tomat sebagai salah satu solusinya. Cara untuk menghilangkan jerawat dengan buah tomat yaitu dengan mengkonsumsi langsung buahnya setiap hari dan dibantu dengan perawatan luar. Caranya dengan mencuci wajah terlebih dahulu dengan air hangat dan menggosokkan bagian tomat yang telah dibagi dua ke wajah anda kemudian diamkan kurang lebih 15 menit lalu bersihkan dengan air bersih. untuk mendapatkan hasil yang diinginkan lakukanlah cara ini secara teratur.

6. Melancarkan Saluran Pencernaan

Buah tomat sangat ampuh dalam mengatasi masalah saluran pencernaan, termasuk susah buang air besar. Kandungan serat yang tinggi didalam tomat, sangat bagus dalam membantu anda untuk mengatasi penyakit atau gangguan didalam saluran pencernaan. Inilah manfaat tomat hidroponik yang terakhir.

Itulah pembahasan seputar manfaat tomat hidroponik. Semoga informasi ini bemanfaat untuk anda pengunjung setia aksaralangit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DMCA.com Protection Status