Pendekatan dan Metode Penelitian Psikologi

Daftar Isi [Tampilkan]

aksaralangit.com - Dalam ilmu psikologi jenis pendekatan dan metode yang digunakan pasti berbeda beda, nah pada tulisan kali ini kami akan membahas beberapa pendekatan dan metode penelitian yang dilakukan dalam ilmu psikologi. sebelum anda membahas pendekatan dan metode penelitian ada baiknya anda mengetahui 14 Jenis Ilmu Psikologi Terapan dan Sistematis.

Pendekatan dan Metode Penelitian Psikologi

1. Pendekatan

Secara rinci dalam bukunya tahun 1996 Atkinson dan Hilgard membagi psikologi kedalam 5 jenis pendekatan antara lain :

a. Pendekatan neurobiologis

Merupakan pendekatan yang kajiannya menitikberatkan pada pembahasan struktur otak manusia. Beberapa penemuan mutakhir telah menunjukkan dengan jelas bahwa ada hubungan yang erat antara aktivitas otak dengan prilaku dan pengalaman.

b. Pendekatan Prilaku
Merupakan pendekatan dengan cara mengamati prilaku manusia, bukan mengamati kegiatan-kegiatan bagian tubuh dalam manusia.

c. Pendekatan kognitif
Pendekatan ini bertolak dari suatu asumsi bahwa sebagai manusia tidak sekedar penerima ransangan pasif, otak manusia secara aktif mengolah informasi yang diterima dan mengubahnya dalam bentuk serta kategori pengetahuan baru.

d. Pendekatan psikionalitik
Dasar pemikiran pendekatan ini bahwa sebagian besar prilaku manusia adalah dari proses yang tidak disadari.

e. Pendekatan fenomenologi
Pendekatan ini memusatkan perhatiannya pada pengalaman subjektif individu. Para ahli psikologi fenomenologi, di pihak lain lebih menitikberatkan pengertian mengenai kehidupan bagian dalam dan pengertian mengenai pengalaman individu daripada mengembangkan teori atau meramalkan prilaku.

2. Metode
Adapun Metode-metode psikologi berkembang dalam metode-metode sebagai berikut:

a. Metode eksprimen
Metode ini sebenarnya dapat dilakukan, baik di dalam maupun di luar laboratorium. Metode ini lebih banyak digunakan untuk menyilidiki besaran pengaruh dari suatu penilitian yang diujicobakan.

b. Metode pengamatan (observasi)
Metode ini secara langsung mengamati terhadap sesuatu yang  diteliti, baik prilaku binatang maupun manusia.

c. Metode surve
Metode ini menggunakan kuesioner atau wawancara dalam ukuran sampel besar untuk mengetahui informasi, seperti pendapat politik, pilihan para konsumen dan sebagainya.

d. Metode tes
Metode ini digunakan untuk mengukur segala jenis kemampuan, seperti minat, bakat, sikap, maupun tes prestasi belajar.

e. Metode riwayat kasus
Metode penelaahan riwayat hidup secara ilmiah dikenal sebagai riwayat kasus, merupakan sumber data yan gpenting bagi para ahli psikologi dalam mempelajari setiap individu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel