10 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan, Si Bau yang Rasanya Nikmat

Daftar Isi [Tampilkan]
gambar jengkol via https://steemit.com/health/@cepul/
aksaralngit.com - Jengkol mungkin tak asing lagi ditelinga masyarakat indonesia. Jengkol merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur hampir disemua wilayah bumi pertiwi ini. Dalam jengkol terdapat berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jengkol merupakan salah satu menu makanan favorit masyarakat indonesia. Jengkol biasanya diolah menjadi masakan seperti rendang jengkol, balado jengkol dan semur jengkol. Namun tak sedikit pula yang enggan mengkonsumsi jengkol ini. Alasannya adalah aroma tak sedap yang dimilikinya. Karena biasanya setelah anda mengkonsumsi jengkol mulut anda akan terasa bau. Ditambah lagi pada saat anda buang air kecil maupun besar aroma dari zat yang anda keluarkan juga menjadi bau. Itulah mengapa sebagian orang enggan mengkonsumsi jengkol. Tapi tahukah anda dibalik hal tersebut ternyata jengkol mengandung banyak sekali manfaat didalamnya?

Nah pada pembahasan kali ini aksara langit akan mengulas manfaat serta khasiat jengkol untuk kesehatan. Yah jengkol, 'si bau yang rasanya nikmat. Nah apa saja manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh? berkikut aksaralangit sampaikan.

1. Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat jengkol untuk kesehatan yang pertama adalah menguatkan tulang dan gigi. Karena dalam jengkol terdapat kandungan kalsium dan fosfor. Kandungan kalsium dan fosfor ini lah yang berperan aktif dalam menguatkan tulang dan gigi anda. Dengan mengkonsumsi jengkol dalam jumlah yang stabil dipercaya dapat menguatkan tulang dan gigi anda.

2. Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan asam serta mineral yang terkandung dalam jengkol diyakini dapat mencegah diabetes. Namun, asam jengkolat yang terkandung dalam jengkol tidak mudah larut dalam air sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsi secara berlebihan. 

3. Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah

Bila anda termasuk orang-orang yang mempunyai masalah seputar penyakit jantung biasanya akan mengalami penyempitan pembuluh darah. Nah dengan kondisi tersebut membuat aliran darah anda ke jantung akan tersumbat. Dalam buah jengkol terdapat mineral yang bisa melebarkan pembuluh darah anda sehingga dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Bila ingin menkonsumsinya alangkah baiknya jika dalam keadaaan yang tidak terlalu matang karena dapat merusak senyawa positif yang terdapat pada jengkol. 

4. Mencegah Anemia

Dalam buah jengkol terdapat kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi ini berfungsi untuk mencegah serta mengatasi produksi sel darah merah yang sedikit. Bila anda kekurangan zat besi, maka dapat dipastikan sel darah meraha yang berada dalam tubuh juga pasti berkurang, sehingga pasoken oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh juga berkurang. Nah bila pasokan oksigen dan nutrisi yang berkurang inilah yang akan membuat fungsi atau kinerja sel anda menurun sehingg membuat anda lemas, tidak bergairah serta tidak semangat.

5. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah bisa memelihara kesehatan jantung anda. karena dalam jengkol terdapat kandungan anti oksidan yang cukup tinggi sehigga dapat melindungi tubuh serta menghambat lepasnya racun kedalam tubuh juga jantung anda. Dengan teratur mengkonsumsi jengkol dipercaya dapat memperlancar aliran darah sehingga fungsi jantung  anda tetap fit.

6. Menstabilkan Organ Vital dalam Tubuh

Organ vital dalam tubuh akan berfungsi atau bekerja dengan stabil jika kebutuhan akan asam folat dan vitamin B6 dalam tubuh terpenuhi. Hal inilah yang membuat wania hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat untuk perkembangan janin. 

7. Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Bila anda wanita yang sedang dalam keadaan hamil, tak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi jengkol ini. Nah untuk dapat hamil anda juga bisa Lakukan 10 Hal Ini, karena Terbukti Tingkatkan Rasio Kehamilan. Dalam jengkol terdapat serat yang dapat mengatasi masalah konstipasi. Nah biasanya pada wanita hamil sering mgenalami masalah ini. Namun wajib diperhatikan, konsumsilah jengkol dalam porsi yang wajar, jangan sampai berlebihan ya...

8. Mencegah Cacat Pada Bayi

Karena kandungan asam folat yang terdapat pada jengkol maka makanan enak namun bau ini dipercaya dapat mencegah cacat bawaan pada bayi.

9. Membantu Pembentukan Jaringan

Tak banyak yang mengetahui ternyata jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. Karena kandungan protein dalam jengkol ternyata lebih baik dari kacang kedelai. Buah jengkol tinggi akan protein. Faktor inilah yang mebuat jengkol dapat membantu pembentukan jaringan.

10. Membantu Mengecilkan Perut

Nah dan yang terakhir manfaat jengkol untuk kesehatan adalah dapat membantu anda mengecilkan perut. Hal ini terjadi karena serat yang terdapat dalam jengkol. Perut buncit anda bisa terjadi akibat gangguan yang terjadi pada pencernaan serat tadilah yang berfungsi untuk memperbaiki pencernaan anda. Namun perlu diingat mengkonsumsi jengkol bisa mengecilkan perut tapi tidak secara langsung ya.

Nah itulah tadi 10 manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini berguna untuk anda pengunjung setia aksaralangit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DMCA.com Protection Status